MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs AL-KHAIRAAT TOBELO MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Isman M. Nur* Rusdyi Habsyi

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP-Kie Raha Ternate

 ABSTRAK

Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang penting bagi siswa dan perlu ditingkatkan melalui proses pembelajaran. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan kompetensi guru dalam memilih metode pembelajaran yang dapat mengantarkan siswa memahami konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistis.

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs-Alkhairat Tobelo, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memeperoleh pendekatan pembelajaran matematika realistis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Matematika Realistis.

 

Download disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s